Selasa, 11 Januari 2011

Cicit, Wait for me ya! (sebuah cerita)

Gak kerasa udah hampir lima bulan gue udah kenal sama Cicit. Nama aslinya sih Cairissa Katlyna. Entah dari mana dia dapet nama panggilan Cicit, soalnya menurut gue rada kurang nyambung dengan nama aslinya, kecuali huruf awal namanya "C". Cicit anaknya enak banget buat diajak ngobrol, diajak jalan, diajak becanda. Suka senyum terus keramahannya ke orang lain yang bikin gue suka banget deket dia.

Pernah suatu waktu, gue lagi jalan berdua di mall terus ngeliat ada anak perempuan kecil lagi nangis kejer banget. Dugaan gue sih, ini anak kepisah sama orang tuanya yang lagi sibuk belanja. Orang-orang yang lewat cuma ngeliatin itu anak aja, terus ngelengos pergi. Dalam hati sih gw pengen bantu tapi tar takut disangka penculik. Lo tau sendiri kan, akhir-akhir ini banyak banget kasus penculikan anak dengan berbagai modus. Eh, tapi ternyata si Cicit langsung deketin tuh anak. Dengan cepat dia udah jongkok aja di depan si anak dan ngelus-ngelus kepalanya. Pelan tapi pasti si anak mulai diam. Terus si Cicit ngeluarin satu permen Chupa Chups yang barusan dia beli di Giant lantai bawah mall. Akhirnya gak berapa lama ada ibu-ibu yang tergopoh-gopoh dengan 3 kantong penuh belanjaan di tangan kanannya, nyamperin kita bertiga. Yup, dugaan lo bener, itu ibu si anak. Dia langsung gendong anaknya dan berterimakasih ke gue sama Cicit, dan pergi dari pandangan gue berdua.

Terus gue nanya ke Cicit,
"Cit, lo kok berani banget nolongin anak itu. Gak takut disangkain mau nyulik?"

eh dia jawab sambil ngeliatin mata gue dengan serius.

"Takut? Ngapain gue takut. Orang niat gue baik kok mau nenangin itu anak. Lagian ngapain coba gue mau nyulik. Emang gue ada tampang penculik? Sialan luh" sambil nonjok pelan pundak gue dan ketawa.

Dia lanjut ngomong lagi, "prinsip gue sih, kalo mau berbuat baik, ya lakukan aja. Gak usah peduli omongan orang. Sayang kalo punya niat nolong tapi gak dilakukan. Lagian kan kalo emang lo ntar diomongin jelek sama orang lain, yang penting Tuhan udah tau niat awal lo itu baik. So whatever orang mau ngomong apa."

Diam-diam gue ngerasa malu juga dalam hati. Gue ngerasa iba sama itu anak tapi gak mau bergerak nolong. Tapi gara-gara itu, gue makin respek sama Cicit. Mungkin bukan respek, lebih tepatnya gue tambah suka sama Cicit. Sifat baik hati, lembut, dan gak peduli sama omongan orang selalu mengena di hati gue.

Cicit, emang punya semua kriteria tipe cewe yang gue idam-idamkan dari dulu. Manis, baik hati, pinter, punya pendirian. Tapi yang bikin gw lebih suka sama dia banget ada dua hal, rambut panjangnya yang se-punggung dan pipi chubby-nya. Gue emang demen banget kalo ngeliat cewe berambut panjang dan chubby. Makanya, gue pengen banget punya hubungan lebih dekat sama dia, bukan cuma sekedar temen aja.

Tiga bulan belakangan gue udah melakukan aksi pedekate ke si Cicit. Entah berapa puluh ribu pulsa yang gue habisin buat smsin dan nelponin dia. Kita udah sering jalan bareng, nonton bareng dan bahkan gue udah sempet ke rumahnya Cicit. Adiknya Cicit pun juga udah kenal baik sama gue. Namanya Regina, biasa dipanggil temennya Egy, cuma gue manggil dia "rengginang". Soalnya obrolan gue sama dia selalu "renyah". Dan si Egy ini lebih cantik dari si Cicit. Cuma gue tetep suka sama Cicit, soalnya Egy gak chubby.

Perasaan gue ke Cicit semakin lama semakin menjadi-jadi. Mungkin rasa suka itu udah ganti baju jadi "sayang". Kadang tanpa sadar, gue nemuin diri gue lagi buka FBnya Cicit dan ngeliatin foto-fotonya dia. Padahal gue gak ada niat buat liat-liat itu foto, awalnya. Semua terjadi otomatis gitu aja. Serius deh, suer gue gak boong, tar lo ngirain gue penguntit lagi. Kadang kalo lagi bosen banget di rumah, gue suka online terus nyomot-nyomot beberapa fotonya dia dari FB untuk jadi bahan Tracingan di Illustrator. Gue suka pusing sendiri kalo lagi mau nyomot fotonya dia. Udah jumlahnya hampir 1000, terus semuanya bagus-bagus lagi! Gue akui, dia narsis. Cuma dia jago bikin angle fotonya dia yang keren, gak cuma jepret mukanya dari sudut 3/4 atas trus sambil bergaya "peace" atau enggak lidahnya melet kayak bunglon. Basi!

Rasanya pengen banget gue nembak si Cicit. Cuma gak berani Gue takut ntar dia nolak terus dia ngejauh. Gue bakal sedih banget kalau itu sampai kejadian. Makanya sampai sekarang gue masih diem. Selain itu, gue juga gak tau apakah si Cicit beneran suka sama gue atau enggak. Seribu, mungkin sejuta pikiran dan kemungkinan berseliweran di otak gue kayak pesawat X-Wing lagi berperang lawan TIE Figther. Gue bimbang dan terus bimbang.

Tapi akhirnya, sebuah keaadan membulatkan tekad gue untuk nembak Cicit. Sebulan lalu abang gue nyodorin sebuah form aplikasi beasiswa ke Jepang lewat emailnya. Gue nyoba ikutin dan sebenarnya enggak terlalu berharap banget bisa dapet. Cuma buat untung-untungan aja. Tahu-tahunya ternyata gue keterima. Hal yang pertama ada di kepala gue adalah "Aduh, bakal jauh dari si Cicit nih!"

Segera otak gue nyari cara biar bikin rencana nembak cicit sebelum gue berangkat ke Jepang.

Waktu terus bergulir tapi gue pun belum dapat satu rencana apapun buat nembak dia. Akhirnya gue pasrah, gue ngerasa gak mampu buat melakukannya.

Satu minggu sebelum gue berangkat ke Jepang pun akhirnya tiba. Setidaknya sebelum gue berangkat, gue pengen ngasih tahu kepergian gue dan ngucapin salam perpisahan. Senin pagi gue sms dia, ngajak untuk hunting-hunting foto di monas malam hari. Gak lama kemudian dia bales setuju. Sore harinya gue pun jemput dia kerumahnya dengan motor merah kesayangan gue.

Gue dan Cicit pun mulai mengeluarkan senjata masing-masing untuk berburu momen-momen cantik dan bagus di sekitar monas. Kita motretin apa aja yang ada secara membabi buta. Orang lagi pacaran di bangku taman, segerombolan anak-anak muda yang bercanda. Si Cicit keliatan semangat banget menembaki tiap sasarannya.

Gue sempat terpesona ngeliat sebuah pemandangan yang belum pernah gue liat sebelumnya. Si Cicit kelihatan sangat cantik ketika dia sedang memotret monas dari bawah. Dia menjongkokkan diri dan di saat itu angin yang entah datang dari mana, meniup rambutnya yang panjang hingga berkibar. Jantung gue serasa berhenti sesaat. "Malaikat!" kata gue dalam hati.

Setelah puas hunting gue dan Cicit pun duduk di salah satu yang ada. Sesaat dada terasa deg-degan karena gue ingin menyampaikan tentang kepergian ke Jepang. Hampir saja Nikon D40 gue remuk menghantam tanah karena tangan licin oleh keringat.

"Cit, gue pengen ngomong sesuatu." Gue memulai pembicaraan

"Mau ngomong apa? Bilang aja kali"

"Mmm...Gue hari minggu depan bakal pergi ke Jepang"

"Hah! Mau ngapain lo ke sana?" tanya Cicit dengan nada kaget

"Gue mau lanjut kuliah lagi di sana...Gue dapat beasiswa"

Cicit terdiam sebentar

"Kuliah lagi? Hebat banget lo. Berapa lama bakal di Jepang?"

"Tiga tahunan mungkin" Jawab gue singkat

Cicit cuma menggangguk pelan. Hati gue makin was-was karena jawabannya dia biasa-biasa aja. gak menunjukkan rasa sedih atau apa gitu. Mungkin emang sebenarnya dia gak ada rasa sama gue kata gue dalam hati.

"Cit, nyoba teknik foto light painting yuk. Kemaren gue nanya temen tentang caranya" Spontan kata-kata itu keluar dari mulut gue.

"Eh, boleh tuh. Gue juga pengen tahu caranya" Jawabnya cepat.

Kebetulan langit di monas sudah mulai gelap. Teknik ini pas banget digunakan kalo lingkungan sekitar sedang gelap karena efek cahayanya akan terlihat jelas. Gue pun meminta Cicit foto pake Nikon D4nya dengan teknik bulb. Menurut gue Cicit dianugerahi tangan yang hebat, dia bisa motret foto tanpa blur dengan speed lambat tanpa menggunakan tripod.

Setelah dia menekan tombol bulb gue pun segera mengambil posisi di depan kamera. Dengan sebuah HP yang menyala di tangan, tangan gue mulai menari-nari membentuk sebuah pola di udara.

"Udah, Cit" Gue memberikan sinyal supaya melepas tombol bulb.

"Eh, beneran jadi lho jadi" kemudian ia kembali memperhatikan foto itu dengan seksama dan wajahnya berubah jadi serius. Sepanjang perjalanan pulang Cicit tidak berbicara apapun. Hati gue pun makin deg-degan dan pasrah.

Seminggu setelah itu gue dan Cicit gak berhubungan lagi. Gue sms dia beberapa kali tapi tidak di bales. Sekarang gue sedang duduk di kursi bandara menunggu pesawat yang bakal bawa gue pergi ke Jepang. Saat ini muka gue bener-bener kayak orang gak punya semangat.

Tiba-tiba HP Nokia 6020 gue bergetar. Dengan agak males membuka inbox itu. Ternyata dari Cicit. Isinya gini

"Sory ya, gak bisa ikut nganter ke Bandara.
Si Egy kena DBD dan lagi diopname. Good Luck ya studinya.
Awas, jangan selingkuh sama cewe-cewe Jepang di sana ya.
Aku bakal tetep nungguin kamu kok sampai tiga tahun. Love u Babe"

Gue kaget. Semua perasaan jadi campur aduk. Gue gak percaya dengan sms yang gue liat dengan mata gue. Dengan cepat tangan bales sms Cicit

"Cit, gue beneran di terima"

Dan dia kembali bales

"Iya. he he he..Jangan lupa sering-sering Skype-an ya. Titi DJ. Ich Liebe Dich. Meine Schatzi"


Ya Tuhan. terimakasih...terimakasih....Gue gak berhenti-hentinya ngucapin ini. Ternyata doa gua terkabul.

Saat di monas itu light painting yang gue bikin itu adalah "Cairissa I Love you. Will You be my girl?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar